Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Review Paper Data Mining Data Warehouse


Judul paper yang kami ambil  adalah
1.      Aplikasi K-Means untuk Pengelompokan Mahasiswa Nilai Body Mass Index (BMI) & Ukuran Kerangka.
2.      Apllication of K-Means clustering algorithm for prediction of student’s Academic  Performance

KASUS
Dalam kasus paper yang pertama yakni Aplikasi K-Means untuk Pengelompokan Mahasiswa Nilai Body Mass Index (BMI) & Ukuran Kerangka. Kasus yang diperoleh adalah untuk menegelompokan mahasiswa berdasarkan nilai BMI dan ukuran kerangka yang membandingkan berat badan dengan tinggi badan. Sedangkan  Kasus paper yang  kedua yaitu Apllication of K-Means clustering algorithm for prediction of student’s Academic  Performance dimana Kemampuan untuk memantau kemajuan siswa  prestasi akademik  didasarkan pada analisis klaster dan menggunakan standar statistic algoritma untuk mengatur data nilai mereka sesuai dengan tingkat kinerja mereka.

METODE
Metode dari paper yang pertama menggunakan meode Euclidean Distance namuu ntuk menghitung nilai BMI diperlukan 2 parameter, yaitu berat badan (cm) dan tinggi badan (m)

BMI = berat badan (Kg)/ Tinggi badan (m)

18,5 - 22,9 = berat normal
23 - 24,9 = obesitas ringan
25 - 29,9 = obesitas sedang
>= 30 = obesitas berat 

Metode paper yang kedua juga menggunakan metode Euclidean distance dimana metodologi untuk membandingkan prediksi clustering algoritma dan jarak Euclidean sebagai ukuran jarak kesamaan.

  
PARAMETER
Pada Pengelompokan Mahasiswa dimulai dengan pemilihan secara acak K, K disini merupakan banyaknya cluster yang ingin dibentuk. Kemudian tetapkan nilai-nilai K secara random, untuk sementara nilai tersebut menjadi pusat dari cluster atau biasa disebut dengan centroid, mean atau “means”. Lalu mengitung jarak setiap data yang ada terhadap masing-masing centroid menggunakan rumus Euclidean hingga ditemukan jarak yang paling dekat dari setiap data dengan centroid. Setelah itu setiap data diklasifikasikan berdasarkan kedekatannya dengan centroid. Lakukan langkah tersebut hingga nilai centroid tidak berubah. Sedangkan pada penerapan prediksi akademik mahasiswa K adalah jumlah yang diperlukan kelompok untuk mengidentifikasi dari jumlah iterasi k ≤ n, 1 ≤ n [6] yaitu menerima jumlah cluster untuk mengelompokan data kedalam dataset untuk cluster sebagai input kemudian inisialisasi cluster K .- Ambil contoh K pertama atau ambil sempel acak dari elem K
Kemudian hitung sarana aritmatika tiap cluster yang dibentuk pada dataset. K-means memeberikan setiap record dalam dataset hanya satu dari cluster awal kemudian setiap record ditugaskan untuk cluster terdekat menggunakan ukuran jarak Euclidean.

KELEBIHAN
Kelebihan dari paper yang pertama adalah jenis dataset yang mudah untuk di pahami sedangkan kelebihan dari paper yang kedua yakni adanya metodologi sederhana dan kualitatif untuk membandingkan prediksi dari algoritma clustering dan jarak Euclidean 

KELEMAHAN
Kelemahan dari paper yang pertama maupun yang kedua adalah dataset yang diteliti terlalu banyak dan index algoritmanya juga tidak terlalu membantu dalam perhitungannya.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Post a Comment