Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Soal ujian Komputer dan Masyarakat


1.      jelaskan pengertian Kode Etik Profesi / Profesionalisme

jawab:
Adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Kode Etik :
-           Untuk menjunjung tinggi martabat profesi.
-           Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota.
-           Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi.
-           Untuk meningkatkan mutu profesi.
-           Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi.
-           Meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi.
-           Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.
-           Menentukan baku standarnya sendiri.

2.      Sebutkan dan jelaskan etika dalam menggunakan komputer?

jawab
1.  Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain
Dalam menggunakan komputer kita tidak boleh merugikan orang lain, misalnya menggunakan komputer untuk membobol sebuah bank, menggunakan komputer untuk membuat virus,menggunakan komputer untuk merusak sistem keamanan seseorang.
2.  Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lain
Bagi pengguna komputer,diharapkan jangan mengganggu dan menggunakan komputer untuk mengganggu hak-hak orang lain,seperti melakukan pembajakan terhadap karya orang lain,meginstal sebuah program yang tidak legal.
3. Jangan memata-matai file-file yang bukan haknya
Memata-matai,mengintai dan mengambil data milik orang lain yang bukan haknya,sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan oleh penggun komputer karna sangat merugikan orang lain dan kegiatan ini biasa dilakukan oleh para Cracker dan Hacker yang tidak bertanggung jawab.
4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri
Ini biasa digunakan oleh perampok-perampok dan pencuri yang biasa menggunakan komputer untuk membobol sistem keamanan sebuah bank,dan digunakan oleh para teroris untuk mencari dana dengan membobol identitas pribadi targetnya.
5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu
Menggunakan komputer untuk menyebarkan berita-berita palsu dan berkebalikan dengan fakta,serta mengumbar informasi tentang seseorang yang semuanya berupa kebohongan,dan cenderung kepada pelanggaran hukum yaitu merusak nama baik seseorang.
6. jangan menduplikasikan atau menggunakan software tanpa membayar
Ini yang biasa dilakukan masyarakat awam dengan cara menduplikasi software atau data seseorang tanpa mencantumkan sumber yang diambil.
7. Jangan menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan
Apabila kita ingin menggunakan computer milik orang lain,kita diharapkan meminta izin dari pemiliknya terlebih dahulu.
8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lain
Ini seperti menduplikatkan sebuah software lalu memperbanyak dan kemudian dikomersilkan.
9. Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang
Dalam membuat sebuah program hendaknya kita menilai sisi positif dan negatifnya, apabila program yang kita buat lebih banyak dampak buruknya lebih baik kita menghentikan pembuatan program itu.
10. Selalu mempertimbangkan dan menaruh respon terhadap sesama pengguna saat menggunakan komputer
Dalam menggunakan komputer kita harus mempertimbangkan sisi baik buruknya,jangan sampai kita merugikan pihak lain. Apabila setiap pengguna komputer maupun internet, menerapkan 10 etika dalam berkomputer dalam menggunakan komputer ataupun internet, bisa dipastikan keamanan dan kenyamanan bagi user maupun pengguna komputer atau internet bisa lebih menyenangkan.

3.      sebutkan tiga prinsip dasar untuk sebuah tanggung jawab moral yang terkait dengan profesi seseorang?
Jawab
a.    Bertanggung jawab untuk setipa kerugian jika itu adalah konsekuensi dari sesuatu yang kita lakukan atau jika terjadi dalam rangka intervensi kita terhadap suatu proses
b.    Bertanggung jawab jika kerugian terjadi karena kelalaian
c.    Bertanggung jawab untuk kerugian yang timbul jika kita mengetahui bahwa ada orang yang melakukan sesuatu yang menimbulkan kerugian dan kita membiarkan itu terjadi.

        4. jelaskan pengertian keamanan komputer?
Jawab
Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.

5.      jelaskan pengertian komunikasi data?

Jawab
Komunikasi data adalah proses pengiriman/penerimaan data atau informasi antara dua atau lebih device, Tujuan dari komunikasi data sebagai pertukaran informasi maupun sumber daya dari berbagai sistem operasi,bahasa,media transmisi,serta lokasi. Kita ambil contoh simple pada konektivitas Local Area Network (LAN), dimana dengan jaringan LAN kita bisa saling berbagi sumber daya, baik itu layanan, bertukar data, menggunakan printer bersama, dll.

6.      jelaskan pengertian Enkripsi & Dekripsi ?

Jawab
Enkripsi adalah sebuah usaha pengacakan data/informasi dari bentuk text asli (plaintext) ke dalam bentuk yang sulit untuk dibaca (chipertext) dengan menggunakan algoritma pengacakan (Contoh: rot13,md5,Caesar Cipher,DES,RSA). Sedangkan Dekripsi adalah proses kebalikan dari Enkripsi. Secara umum metode algoritma enkripsi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu symmetric & asymmetric.

7.      jelaskan pengertian backup data?
Jawab
Pengertian backup data adalah memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di dalam hardisk komputer yang biasanya dilakukan dari satu lokasi/perangkat ke lokasi/perangkat lain. Data atau kumpulan informasi tersebut bisa berupa file dokumen, gambar, video, audio, system windows, driver, atau software/program tertentu.

8.      jelaskan fungsi backup data?
Jawab
Kegunaan atau manfaat back up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data yang hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak bisa dibuka), perangkat komputer error/bermasalah, mati listrik, bencana, dan lain sebagainya.
Dengan begitu cadangan data yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang/rusak/terhapus tadi. Fungsi back up data lebih mengacu pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan komputer.

9.      apa itu Teknologi biometric?
Jawab
Teknologi biometric merupakan teknologi yang digunakan untuk menunjukkan keaslian (authentication) dari individu yang melakukan akses terhadap aset organisasi. Authentication adalah konsep yang menunjukkan bahwa hanya mereka yang diijinkan saja (authentic) yang dapat mempunyai akses terhadap asset organisasi. Biometric bukan hanya digunakan dalam sistem informasi akuntansi, aplikasinya cukup luas.

10.  Metode-metode apa yang digunakan untuk menghalangi pengganggu agar tidak menerobos masuk ke komputer?
jawab
à Firewall
à Proxy Server
à DMZ
à Setting Keamanan browser
à Memperbarui sistem operasi secara otomatis

            11.  Bagaimana cara untuk meningkatkan keamanan koneksi ke komputer lain?
      jawab
ü  Perusahan besar dapat membuat intranet yang independen dari internet.
ü  Gunakan koneksi VPN dari luar jaringan yang aman ketika Anda bepergian.
ü  Tempatkan komputer pada DMZ untuk melayani halaman Web dengan cepat dan mengurangi lalulintas komputer didalam firewall.
ü  Untuk jaringan rumah, instal sebuah router yang menyediakan hub Ethernet, proxy server, dan firewall.
ü  Atur setting keamanan browser Anda untuk mengambil jenis-jenis applet yang boleh diaktifkan.

            12    Jelaskan pengertian Komunikasi TerEnkripsi!
jawab  
Enkripsi adalah proses penyandian pesan sebelum memasuki jaringan atau gelombang        udara, kemudian membuka kembali pada ujung penerimaan
Ø  Sistem kunci rahasia simetrik
-          Pengirim dan penerima keduanya menggunakan kunci yang sama.
-          Manajemen kunci dapat menjadi masalah
Ø  Teknologi kunci publik
-          Menggunakan kunci privat dan kunci publik
Ø  Autoritas sertifikat.
-          Lembaga / orang terpercaya yang memberikan keterangan bahwa suatu situs web dapat dipercaya (menyediakan kunci publik kepada pihak yang terpercaya) A trusted middleman verifies that a Web site is a trusted site (provides public keys to trusted partners).
-         Secure socket layers (SSL)

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas bantuannya. Sungguh sangat membantu untuk mahasiswa seperti saya guna menyiapkan bahan untuk UAS

    ReplyDelete