Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

HIPNOTIS 11


Metode Nomor 3: Fascinasi
Apakah Anda bisa memandang subyek dalam waktu cukup lama, tanpa mengedipkan mata? Anda harus berusaha sampai bisa, supaya bisa menghipnotis. Pengaruh Anda akan lenyap bila mata Anda berkedip. Supaya jangan berkedip, hendaknya Anda memandang pangkal hidungnya, jangan memandang matanya. Dengan kecakapan memandang tanpa berkedip, disertai rasa percaya diri, Anda siap menghipnotis dengan metode fascinasi (pesona). Silahkan subyek memandang ke dalam mata Anda, yang memaksa dia memusatkan seluruh perhatiannya kepada Anda. Subyek berdiri pada jarak satu lengan, atau sekitar setengah meter, di hadapan Anda. Letakkan tangan Anda perlahan­lahan di atas bahunya. Katakan padanya, supaya is memandang langsung ke dalam mata Anda. Gerakkanlah dia ke depan dan ke belakang. Sementara itu, berkatalah perlahan-lahan: "Kaki Anda menjadi berat sangat berat dan se/uruh
badan Anda menjadi sangat /etih. Pe/upuk mata Anda
menjadi berat........ dan Anda makin lama makin menjadi
ngantuk... tidur.... tidur/ah nyenyak sekarang. Sekarang
pe/upuk mata Anda menjadi sedemikian beratnya hingga tertutup."
Kemudian katakan dengan tegas dan


meyakinkan: "PeLupuk mata Anda tertutup! SedemEkian tertutupnya, sehingga pe/upuk mata Anda me/ekat...semakin me/ekat....makin me/ekat...Anda takbisa membukanya, bagaimanapun kerasnya usaha Anda membukanya. Coba/ah, toh Anda takbisa membukanya.
Setelah subyek Anda dengan sia-sia mencoba membuka matanya, tekanlah perlahan-lahan dengan jari-jari Anda, sambil berkata : "Anda akan tidur....nyenyak...sehat....makin lama makin nyenyak. Tak ada apapun yang bisa membangunkan Anda, kecua/i saya, dan Anda tak akan mendengar suara sedikitpun , kecua/i suara saya."
Sekarang berdirilah di sampingnya, peganglah jari-jari tangan kanannya, dan luruskan Iengannya. Katakanlah: "Lengan Anda jadi kaku...kaku..." Kemudian usaplah perlahhan-Iahan bagian bawah Iengannya dengan tangan kiri Anda. Ulangi beberapa kali suggesti bahwa lengan kanannya kaku dan kejang, sehingga akhirnya lengan itu menjadi betul-betul kaku. Kemudian Iepaskanlah, sambil berkata: "Lengan kanan Anda jadi sedemikian kaku dan kejangnya, sehingga Anda tak bisa menjatuhkannya, meskipun Anda mencobanya" Maka ia pun mencoba menjatuhkannya, dan jika tampak mau turun, Katakanlah: "Lengan Anda terangkat ddan menjadi kaku," lengan itu akan kembali ke posisi semula. Setelah Iengannya kembali p"dda posisi semula, berdirilah di sarihpingnya, dan perlahan-lahan usaplah lengan kirinya, dari bahu sampai pergelangan, sambil
berkata:       "Leman         ini       menjadi           sangat
ringan.... sedemikian            ringannya,              sehingga me/ayang-la yang. Nah, me/a yang/ah ia....me/a yang.... sedemikian ringannya sehingga /epas, me/a yang, ke atas. Akan menje/ang membubung/ah ke atas."

jika     lengan    kirinya     bergerak   ke     atas
perlahan-lahan, ulangilah terus-menerus sugesti-sugesti ini, sehingga mencapai posisi sama dengan lengan kanan. Sekarang sentuhlah lengan kirinya perlahan-lahan, dan katakanlah: "Lengan ini menjadi kaku dan kejang...kaku seperti sebatang baja, dari bahu sampai ujung-ujung jari Anda , dan Anda tak bisa menurunkannya. Coba/ah, Anda tak akan bisa." Beberapa saat kemudian, katakana padanya supaya is jangan mencobanya lagi.
Lalu katakana sugesti berikut: "Apabi/a saya bertepuk tangan, kedua /engan Anda akan /emas kemba/i dan jatuh mengge/antung di sisi Anda. Dan apabi/a kedua /engan Anda menyentuh pinggang Anda, maka Anda akan tidur makin nyenyak. "
Bertepuktanganlah, dan Anda akan menyaksikan seketika itu Iengannya jatuh menggelantung di sisinya. Nah, jika Anda sudah mendapat kepercayaan dari subyek perlahan-lahan dan dengan Iemah lembut usaplah kaki subyek dari pinggul sampai pergelangan kaki, sambil memberi sugesti: "Kaki Anda menjadi kaku dan kejang....kaku dan kejang dari pinggu/ sampai pada ujung kaki Anda, dan Anda tak akan bisa menggerakkan kaki Anda dari tempat berdiri Anda. Coba gerakkan, Anda tentu tak bisa."
Sangat menggelikan melihat subyek mencoba bergerak dan hendak meninggalkan tempatnya berdiri. la tidak akan bisa, karena Anda sudah menghipnotisnya sedemikian dalam, sehingga sugesti-sugesti Anda betul-betul manjur dan berpengaruh sepenuhnya. Supaya is bisa bergerak lagi, katakanlah: "Oa saya menyentuh bahuAnda, maka Anda bisa /agi bergerak seperti tadi." Kemudian sentuhlah bahunya, sambil berkata: ''Sekarang Anda bisa bergerak". Apabila Anda sudah siap untuk membangunkan subyek, maka Anda menggunakan cara seperti yang terdapat pada metode No.1.
Metode No. 4: Metode Dipan
Metode menyentuh ini sangat praktis, karena memungkinkan Anda menghipnotis subyek yang badannya sudah relaks. Untuk hipnoterapi, ini sungguh metode yang bagus, khususnya menyembuhkan kegelisahan dan kegugupan.
Silahkan subyek berbaring rileks di atas dipan. Katakan padanya supaya mengendurkan semua otot di seluruh badannya. Anda berdiri atau duduk dibelakang subyek dan memegangi sebuah benda. mengkilat di •atas kening subyek, pada jarak kkira-kira 30 cm dari matanya. Benda itu bisa. apa Baja, misalnya pulpen dari logam, bros, atau cincin. Peganglah agak ke belakang, sehingga subyek harus memutar biji matanya ke atas untuk melihatnya. Dengan demikian, matanya menjadi tegang, dan pelupuk matanya menjadi Ietih. Lalu katakana pada subyek. "Pusatkan se/uruh perhatian Anda pada (misalnya) pu/pen ini, dan jangangemikirkan apa-apa, kecua/i pada kenyataan bahwa Anda sangat /etih dan ngantuk. Sisihkan semua pikiran dandengarkan/ah apa yang akan saya katakana kepada Anda.
"Dan apabila sekarang Anda memandang pulpen ini,

maka Anda merasakan sesuatu hal yang menyenangkan dan agak menggelikan. Kaki Anda menjadi berat....sangat berat...dan lengan Anda pun jadi sangat berat juga...yah, seluruh badan Andamenjadi berat...sangat berat, dan Anda mau tidur...tidur nyenyak. Dan pelupuk mata Anda menjadi sangat berat....sangat Ietih....dan Anda akan tidur nyenyak sekali. Akan tertutup dan makin tertutup, pelupuk mata Anda menjadi makin berat. Dan sekarang akan berkedip­kedip, menjadi sedemikian beratnya, sehingga Anda ingin menutupnya".
Bila Anda melihat mata subyek mulai berkedip, katakan: "Jika nanti mata .Anda berkedip-kedip, maka pe/upuk mata Anda akan melekat. "Anda membungkuk dan menutup mata subyek dengan jari Anda perlahan-lahan dan Iemah­lembut, lalu katakan: "Tidur/ah....tidur/ah yang
nyenyak............ makin lama makin nyenyak." Ulangilah
beberapa kali.
Perhatikan cara is bernafas, jika ternyata makin berat, katakan: "Tak seorang pun bisa membangunkan Anda, kecua/i saya. Ber/epas /e/ah adalah nyaman enak rasanya dan pada setiap tarikan nafas Anda akan /ebih nyenyak dan semua otot-otot dan urat-urat Anda /emas dan /epas /e/ah, dan Anda merasa nyaman, enak dan damai."
Bungkukkanlah badan Anda, angkatlah lengan kanan subyek, dan cepat-cepat lepaskan lagi. Apabila lengan itu terjatuh lagi, berarti is sudah dalam keadaan hipnosa dan sepenuhnya di bawah pengaruh Anda. Sekarang usapkan tangan kanan Anda pada lengan kanannya, dari bahu sampai ujung-ujung jarinya, sambil berkata: "Lengan kanan Anda menjadi kaku, sangat
kaku,berat dan kejang. Sesungguhnya, /engan Anda adalah sedemikian berat dan kakunya, sehingga melekat pada dipan, dan Anda tak b/sa mengangkatnya, betapapun Anda mencobanya. Cobalah, dan Anda tak akan bisa."
Katakanlah kalimat sugesti itu dengan nada memerintah dan dominasi. Subyek akan mencoba mengangkat tangannya, akan tetapi justru lengan itu melekat pada dipan, atau terangkat sedikit, dan tetap terangkat, kaku. Katakan segera: 'Jangan coba /agi , dan lengan itu niscaya akan terjatuh lagi di atas dipan. Sekarang katakanlah: "Nah - sekarang turut/lah semua sugesti-sugesti yang saya berikan, dan se/anjutnya Anda akan mengikuti perintah perintah saya."
Bila subyek telah menaruh kepercayaan pada Anda, usaplah tangan Anda perlahan-lahan pada sisi kaki kanannya, dari pinggul sampai pergelangan kaki, sambil berkata: "Kaki kanan Anda menjadi kaku dan kejang, dan menjadi sedemikian beratnya, sehingga melekat pada dipan. Bagaimanapun Anda bersusah payah mencoba mengangkatnya, namun akan sia-sia be/aka."
Kemudian berkatalah dengan suara memerintah: "Coba/ah angkat, Anda tak bisa!" Apabila subyek berusaha dengan susah payah dan hendak mengangkat kaki kanannya, katakanlah cepat­cepat: "Jangan coba /agi!" Sekarang usaplah kaki kirinya, dan berbuatlah seperti itu dengan kaki kanannya.
Sekarang lakukan dengan lengan kirinya, seperti yangN6nda lakukan dengan lengan kanannya. Lengan maupun kakinya menjadi kaku dan kejang. Anda lalu berkata: "Sekarang se/uruh badan Anda kaku dan sangat berat. Dan Anda akan merasakan
bahu dan /eherAnda sangat kaku dan berat. Demikian pu/a kepa/a Anda. Sedemikian kaku dan beratnya, sehingga Anda tak bisa mengangkatnya dari dipan, bagaimanapun Anda mencobanya. Coba/ah angkat kepa/a Anda, toh Anda tak bisa."

Dan apabila is mencoba mengangkat kepalanya, katakanlah: 'jangan mencobanya /agi!" Subyek Anda sekarang dalam keadaan hipnosa sangat dalam, dan akan menerima sugesti-sugesti, sampailah waktunya untuk membangunkan subyek. Untuk membangunkan subyek, katakanlah demikian: "Sekarang saya akan membangunkan Anda, dan jika mi terjadi, maka Anda akan merasa enak seka/i. Namun, segar; sungguh segar, nikmat, nyaman - /emas, segar bugar, balk rohani maupun jasmani. Sega/a macam perasaan berat dan /etih /en yap sama seka/i dari diri Anda."
Jika sugesti-sugesti positif itu tidak Anda berikan, maka ia akan merasa lengan dan kakinya tetap berat berjam-jam Iamanya setelah ia bangun. Berkatalah berulang-ulang: "Sekarang, per/ahan-/ahan, sangat per/ahan-/ahan, "bangun/ah....enak...segar bugar...sangat nikmat nyaman. Buka/ah mata Anda, dan bangun/ah!"
Jika subyek sukar membuka matanya, Anda bisa membantunya dengan memukul perlahan-lahan pelupuk matanya, dan berkata:
 "Bangun/ah sesadar-sadarnya!"
Ketika membangunkan subyek, jangan lupa untuk memberi sugesti-sugesti: "Anda merasa nikmat, nyaman, segar, bugar - /epas /e/ah, balk rohani dan jasmani. Apabi/a Anda bangun.
"Segera setelah ia menerima sugesti supaya bangun dalam keadaan enak, segar, dan sehat, selama is dalam keadaan hipnosa, maka ia akan betul-betul merasa sejahtera, senang dan nikmat, ketika bangun.
Kunci Sukses
Dari berbagai metode yang dipaparkan di atas, terdapat beberapa kunci sukses sbb:
1 . Hipnotisme bertujuan meleyapkan rasa takut dan menimbulkan rasa rileks.
2. Penghipnotis sebaiknya menerangkan apa yang akan terjadi, dengan demikian menimbulkan suasana harapan-harapan positif yang akan mempermudah masuknya sugesti pada diri subyek
3 . Penghipnotis harus mengalihkan arah pikiran sadar untuk menciptakan keadaan passif.
4.     Penghipnotis menyatakan hal-hal mengenai tidur dan tanda-tanda tidur.
5.     Penghipnotis harus melihat keadaan jiwa si subyek, agar slap menerima sugesti atau perintah supaya tidur.
6 . Penghipnotis dapat membuat tidur nyenyak subyek melalui sugesti yang diulang-ulang mengenai tidur nyenyak dan bernafas dalam.
7.     Penghipnotis dapat meyakinkan suby tentang betapa tak berdayanya subyek.
8.     Hipnotisme menunjukkan kekuatan sus serta kekuatan penyembuhan yang berasa pikiran, balk pikiran penghipnotis serta s diri    sendir-..     rrsr
9 .' Juru hipnotis harus berani mencokt semua ilmu yang telah dipelajarinya.
1 O.Rasa Percayra diri dan keyaWnan bisa melakukan hipnotis`,harus menjadi laal utama.


Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Post a Comment