Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

HIPNOTIS 10


8. Metode Carl Wiekland
Selama bertahun-tahun Dr. Carl Wickland (dari Amerika) menggunakan isterinya sebagai subyek atau medium, sedangkan pasien disuruh duduk di kursi sendirian. Kemudian pesawat statika dijalankan, dan subyek mengeluarkan penyakit dari tubuh pasien. Teori pemindahan
penyakit ini memang banyak diragukan kebenarannya, akan tetapi banyak juga yang telah' membuktikan keampuhan metode ini.
Dr. Cannon pernah menggunakan metode ini, dan dialah yang pertama kali menggunakan metode ini di Inggris, dengan bantuan subyek yang dihipnotis, atau medium yang gampang hanyut dalam keadaan trance (hipnosa), sambil menyinari mata pasien yar g' duduk di kursi sendirian dengan cahaya kuat berwarna ungu. Timbullah hipnosa ringan pada pasien, sehingga memudahkan proses "pengambilalihan rasa sakit".

Berikut ini Iahgkah-langkahnya secara
praktis:
Langkah 1
Pasien duduk di kursi sendirian, dengan posisi yang santai dan nyaman.
Langkah 2
Letakkan suatu ujung kawat dari pesawat statika tidak lebih dari 3 cm dari syaraf matahari (plexus so/oris) dan yang lain di dekat bagian belakang leher.
Langkah 3
Pesawat dijalankan, dan ruang bungan api antara botol Leiden didekatkan. Mengalirlah arus list-rik di seluruh tubuh pasien. Jika Anda mendekatkan jari Anda pada salah satu bagian tubuh pasien, akan terpercik bunga api di antara tubuh dan jari Anda itu. Biarkan arus ini mengalir selama sepuluh menit.
Langkah 4
Hentikan arus dan tempatkan ujung kawat pada glabella, dan ujung yang lainnya pada bagian bawah tulang belakang pada tempat 3 cm dari tulang belakang.
Langkah 5
Ulangilah langkah 3 dan 4.
Langkah 6
Letakkan ujung kawat di dekat bagian belakang leher dan biarkan yang satunya tetap di dekat tulang belakang.
Langkah 7
Ulangilah langkah 3 dan 4.
Langkah 8
Panggil seorang somnambulist yang sudah dalam


keadaan hipnosa, persilakan memegangi tangan pasien (saat itu pasien merasa ada guncangan-guncangan) dan perintahkan agar "melenyapkan penyakit". Somnambulist melakukan perintah ini, terkadang dengan tenang, kadang­kadang dengan sudah payah.
Langkah 9
Arus dihentikan, kemudian sugesti-sugesti  diberikan kepada simnambulist, lalu ia dibangunkan, dan pasien disuruh pulang. Biasanya pasien sembuh setelah menkalani perawatan pertama. Paling banyak enam sesi perawatan, pasien dapat disembuhkan. Perlu diketahui bahwa pesawat statika atau mesin Wimhurst dihidupkan oleh dinamo, terus-menerus megeluarkan' arus ke dalam dua botol Leiden besar, yang bisa dikosongkan terus-menerus, dan menimbulkan bunga api sepanjang 24 cm dari tegangan 220.000 volt.

9. Metode Dr. Tracy
Di bawah ini akan kita paparkan metode yang dikembangkan Dr. David F. Tracy, psikolog kenamaan asal Amerika. Tentu saja, metodenya memiliki banyak kenamaan dengan metode-metode lain. Tapi metode Dr. Tracy dikenal sebagai metode yang paling praktis.

Metode Nomor 1: Dengan Sugesti
Subyek dip'rsilahkan berdiri didepan Anda, agar dia memandang lurus-lurus ke arah mata
  Anda     selama      beberapa       detik.   Lalu
diperintahkan ia agar, memejamkan mata. Letakkan


dua jari Anda dia atas aliasnya, dan katakana padanya untuk memutar bola matanya ke atas, dan mengkhayalkan seolah­olah ia memandang menembus tajuk (bagian atas) kepala, pada letak jari Anda. Kemudian katakana padanya dengan nada memerintah: "Anda akan merasakan pe/upuk mata Anda me/ekat, dan Anda tak bisa membuka mata Anda. Coba/ah, Anda tetap tak bisa membukanya."
Jika subyek betil-betul memutar bola matanya ke atas, ia tak bisa membuka matanya, tanpa Iebih dulu menurunkan bola mata itu pada posisi yang sewajarnya. Maka apabila Anda memberi perintah ini, dan is mencoba membuka matanya, subyek hanya bisa sekedar menegangkan pelupuk matanya. Apabila Anda melihat subyek mencoba membuka matanya maka.cepat-cepat letakkan jari-jari Anda di atas pelupuk mata dan katakana demikian: 'Jangan coba /agi, dan sekarang tidur/ah....tidur/ah yang nyenyak ....sehat. Makin nyenyak, makin nyenyak. Tak ada apapun yang bisa membangunkan Anda, sebe/um saya membangunkan Anda':
Ulangilah kalimat-kalimat itu dengan suara yang rendah dan rata, sehingga subyek Anda menjadi lepas Ielah sama sekali. Ulangi sugesti "Tidur yang nyenyak dan sehat", beberapa kali, uuntuk memperdalam taraf hipnosanya. Kemudian, Anda bisa menguji subyek Anda. Angkatlah salah satu tangannya dan jatuhkan lagi. Jika subyek sudah dalam keadaan hipnosa, tangannya itu akan jatuh lemas di sisi badannya. Lalu pegangilah pergelangannya dan angkatlah Iengannya ke atas, sehingga melurus ke samping, sambil mengucapkan: "Lengan Anda menjadi kaku...sampai pada ujung-ujung jar/......... kaku seperti besi." Dan ulangi kalimat itu terus-


menerus.
Bila tangannya menjadi kaku, katakana padanya: "Maka sekarang Anda akan menga/ami lengan Anda sedemikian kakunya, sehingga tak bisa digerakkan ke bawah".
Bila ternyata subyek tidak bisa menurunkan Iengannya, ini membuktikan bahwa is sama sekali ada di bawah pengaruh Anda, dan akan mematuhi sugesti-sugesti yang Anda berikan. Pikiran sadarnya tidur, sedangkan pikiran bawah sadarnya terjaga sepenuhnya, dan menanggapi semua sugesti yang Anda berikan. Dalam kondisi demikian,
berilah sugesti-sugesti sbb: "Apabi/a saya men yentuh tangan Anda, lengan itu akan jatuh ke bawah, dan Anda bisa menggerakkannya lag/ seperti semula." Kemudian sambil menyentuh Iengannya, katakanlah: Anda sekarang bisa menggerakkannya': Inilah saat ketika Anda bisa menanamkan sugesti-sugesti kepada subyek, untuk dilaksanakan setelah ia bangun (sugesti-sugesti posthipnotis).
Apabila Anda sudah bersiap-siap untuk membangunkan subyek, maka katakanlah: "sekarang saya akan membangunkan Anda. Apabila Anda bangun, Anda akan merasa sangat nyaman....ri/eks sempurna, jasmani dan rohani". (Ketika membangunkan subyek, selalu gunakan sugesti bernada posit1 seperti itu, supaya is merasa Iebih baik, nyaman, senang, dst., sebab kalau tidak, mungkin saja kepalanya pusing ketika terbangun). Lalu lanjutkan kata-kata Anda: "Dan ke/ak, setiap kali saya meagatakan "tidur nyenyak"kepac/a

Anda, maka mata Anda terpejam, dan Anda akan hanyut ke- dalam keadaan tidur nyenyak seperti sekarang Kemudian katakanlah sekarang 'Per/akan-/ahan, per/ahan sekali, bangun/ah, bangun sesadar-sadarnya!"Jika subyek agak sukar membuka mata, pukullah perlahan-lahan kelopak matanya, niscaya subyek akan membuka matanya dengan mudahnya.
Mulai saat ini, setiap kali Anda mengucapkan kata-kata atau perintah "tidur nyenyak" pada subyek Anda, maka is akan hanyut ke dalam keadaan hipnosa nyenyak. .Ini adalah "kata-kata kode". Sesungguhnya kata-kata lain juga boleh digunakan dan hasilnya sama saja. Jika Anda mengatakan kepada subyek yang berada dalam keadaan hipnosa, bahwa kelak ia akan hanyut ke dalam keadaan hipnosa lagi, apabila mengucapkan perkataan­perkataan tertentu, maka bawah sadarnya akan menanggapi sugesti Anda itu. Apabila is bangun, dan Anda mengucapkan perkataan ini, diucapkan tersendiri atau dijadikan dalam suatu kalimat maka subyek Anda akan menanggapi dan hanyut ke dalam keadaan hipnosa.
Jika Anda melihat subyek dalam keadaan hipnosa sedikit menggigil dan nampak gelisah, Anda harus segera membangunkannya, dengan lebih dulu mengatakan bahwa apabila Anda membangunkannya, maka ia akan merasa enak dan
nyaman. Gejala-gejala (tanda-tanda) ini menunjukkan, bahwa subyek Anda takut akan hipnotisme, dan ingin melawan. Anda tak bisa meneruskan percobaan Anda, bisa saja subyek bisa menjadi histeris. Tetapi tetaplah tenang apabila menghadapi subyek semacam ini. Berbicaralah padanya


dengan suara rendah, dan bangunkanlah perlahan-lahan. Katakan kepadanya, Anda hendak menghitung sampai lima, dan apabila Anda sampai pada hitungan "lima", maka ia akan terbangun dan akan merasa enak - nyaman . Lalu berhitunglah sampai lima, sambil mengatakan bahwa pada setiap angka yang Anda ucapkan ia akan makin bangun dan sadar. Setelah Anda sampai pada hitungan "lima" katakanlah: "Bangun! Bangunlah, sadar - sadar!" sambil memukul pipinya perlahan-lahan dan apabila ia bangun, silahkan dia , pulang.
Metode Nomor 2: Menghitung
Menghitung adalah salah satu cara atau metode paling terkenal untuk menimbulkan hipnosa yang 'dalam. Biasanya digunakan sebagai persiapan untuk metode-metode Iainnya. Silahkan subyek duduk di kursi. Anda duduk di kursi di depannya, dan katakkan padanya untuk memandang langsung ke dalam mata Anda. Terangkanlah padanya, Anda akan menghitung, dan bahwa pada setiap hitungan maka ia akan menutup dan membuka matanya. Usahakan agar apabila matanya terbuka, ia mengarahkannya sorot matanya pada mata Anda. Bila Anda menghitung sampai kira-kira lima atau enam, subyek makin sukar membuka atau menutup matanya. Pada setiap hitungan, makin banyak waktu yang diperlukan subyek untuk membuka matanya. Jika is seorang subyek yang baik, ini terjadi pada hitungan ke-10.
Jika ternyaaria.masih bisa membuka matanya, tambahlah dengan lima hittungan lagi, dan katakanlah: "Apabi/a saya sampai pada hitungan lima be/as, (misalnya), Anda tak bisa membuka mata Anda': Ulangilah ini beberapa kali. Jika is


mencoba membuka matanya, maka perlahan-lahan tekanlah kelopak matanya dengan jari Anda, dan karakanlah: 'Jangan mencoba /agi, dan tidur/ah nyenyak'Anda harus mengulang-ulangi cara ini beberapa kali, akan tetapi menurut Dr. Tracy ini hampir selalu berhasil. )arang sekali ia menghitung sampai 50 untuk menidurkan subyek

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Post a Comment